trigonews.com Mahfud MD Bongkar Borok Demokrat

30 Mei 2011

Mahfud MD Bongkar Borok Demokrat

Posted on 02.10 by Unknown

Bola panas tudingan korupsi terus bergulir di tubuh Partai Demokrat. Adalah Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi yang membuat partai besutan Presiden SBY morat-marit.
DARI mulut Guru Besar UGM ini terungkap sepak terjang kasir Partai Demokrat, M Nazaruddin. Menurutnya, politisi Demokrat itu pernah memberi ‘hadiah’ uang sebesar 120 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp 840 juta pada pimpinan MK melalui tangan Sekretaris Jenderal MK, Janedjri M Gaffar.

Informasi itu sengaja diberikan, agar SBY menyelesaikan persoalan di internal PD. Dia mengatakan, hal itu bisa menjadi bagian penyelesaian masalah etika Nazaruddin.

“Kalau hukum susah, ditindak hukum apa. Kalau di MK dia nggak punya urusan apa-apa. Kalau tidak juga bisa dianggap gratifikasi. Oleh karena itu kita serahkan ke ketua Dewan Pembina Partai Demokrat,” urainya.

Sementara itu, SBY mengakui kalau Mahfud pernah melaporkan hal itu kepadanya. “Di luar agenda resmi, saya bersama beliau (Mahfud MD) menggunakan waktu yang ada untuk membicarakan hal lain. Hal lain ini sebenarnya disampaikan oleh Pak Mahfud kepada saya sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat,” kata SBY dalam keterangan pers mendadak di Istana, Jumat (20/5) kemarin.

Menurut SBY, Mahfud MD memberikan laporan itu dalam sebuah surat yang diterimanya beberapa hari lalu. Isinya, “tentang suatu kejadian yang melibatkan kader Partai Demokrat,” kata SBY. “Saya melihat ini sesuatu yang tidak remeh,” kata SBY, lagi. Ia tampak geram dengan ulah anak buahnya (Nazaruddin, red) itu

Dia mengaku telah mencari penjelasaan dan menanyakan persoalan tersebut ke Ketua Umum PD Anas Urbaningrum. “Dan mendapatkan jawaban tidak tahu,” sambungnya. Sebagai tokoh partai, SBY meminta semua kader PD untuk tetap tenang.

Saat ini, lanjut dia, Partai Demokrat segera bekerja. Dan sekarang ini, pekerjaan itu masih berlangsung. “Atas apa yang disampaikan Ketua MK, yang bekerja DPP, Ketua Umum Partai, Dewan Kehormatan Partai yang dalam hal ini saya sebagai ketuanya,” kata SBY.

SBY mengakui, sebagian media sudah mengetahui soal ini. “Maka itu, agar tidak menimbulkan spekulasi apapun, saya bersama Pak Mahfud memilih memberikan penjelasan hari ini,” jelas SBY.

■ Indra Maliara

No Response to "Mahfud MD Bongkar Borok Demokrat"

Leave A Reply

Pengikut