trigonews.com BuruH dan Masalah Potensial dalam Ekonomi Pasar Bebas

1 Mei 2011

BuruH dan Masalah Potensial dalam Ekonomi Pasar Bebas

Posted on 14.30 by Unknown

"Biar SBY lihat buruh bisa bersatu tak bisa terkalahkan. Kita kepung istana. Kita desak pemerintah sahkan RUU BPJS," seru seorang orator aksi di depan Istana, Minggu (1/4/2011). Demo buruh berasal bersumber dari berbagai sumber maslah termasuk fenomena Ekonomi Pasar Bebas yg memiliki tingkat kesulitan tingkat tinggi. Pengusaha, Buruh, Pemerintah selanjutnya disebut Tripartid seharusnya harus saling mendukung dalam operasional perusahaan namun dalam pelaksanaan sulit terwujud.
adapun kesulitan kesulitan yg menjadi tembok pemisah dalam rangkain tripartid diasumsikan sbb:

  • Kesulitan kesulitan potensial dalam Perekonomian Pasar Bebas yg tidak dibatasi, yg dapat mencegah, memaksimalisasi kesejahteraan sosial;
    • Terdapat kelompok kelompok tertentu memperoleh kekuatan ekonomi yg berlebihan, sehingga memungkinkan mereka memperoleh bagian yang terlalu besar dari nilai yg diciptakan perusahaan.
    • disebabkan skala ekonomi tertentu atau karena kondisi lainnya, hanya sejumlah perusahaan yg melayani satu pasar tertentu.
    • disebabkan oleh kondisi tertentu, perusahaan dapat meng-eksploitasi pekerja secara berlebihan.
    • perusahaan dapat membebankan biaya eksternal pada masyarakat melalui kegiatan kegiatan produksi mereka. 
Mampukah pemerintah mengakomodir keinginan Buruh di masa datang? ataukah ini cuma perayaan tahunan biasa yg akan berlansung juga tahun depan dengan nasib yg sama?? www.monitorindonesia.com

No Response to "BuruH dan Masalah Potensial dalam Ekonomi Pasar Bebas"

Leave A Reply

Pengikut