trigonews.com HPP Gula Harus Segera Ditetapkan

23 April 2012

HPP Gula Harus Segera Ditetapkan

Posted on 19.40 by Unknown

KOMPAS/RIZA FATHONI Ilustrasi 
 
 
 ST. LEVI PRESS, JAKARTA- Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia mendesak pemerintah segera memutuskan harga pokok pembelian gula. Pasalnya awal Mei depan musim giling tebu sudah dimulai. Kejelasan HPP diperlukan sebagai bentuk jaminan pendapatan petani. HPP juga dibutuhkan untuk menentukan besarnya dana talangan gula tani, yang diberikan oleh investor.

Hal tersebut disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional APTRI, M Nur Khabsin, di Jakarta, Senin (23/4/2012). "Petani tebu menunggu kejelasan HPP gula karena bulan Mei sudah mulai giling. Penetapannya jangan sampai terlambat," ujarnya.
APTRI mengusulkan HPP sebesar Rp 9.218 per kg. Dengan perhitungan produksi tebu per hektar 1.100 kuintal dengan rendemen 7,2 persen untuk jenis tanaman plane cane (tanaman tebu pertama) akan menghasilkan besaran HPP sebesar Rp 9.496 per kg.
Sedangkan untuk tanaman kedua, ketiga dan seterusnya (ratoon) dengan produksi tebu 900 kuintal per hektar dan rendemen 6,8 persen akan menghasilkan besaran HPP Rp 8.941 per kg. Perhitungan tersebut sudah termasuk keuntungan petani 10 persen.
Usulan itu cukup wajar Dengan HPP tersebut keuntungan petani hanya 10 persen setahun. "Kami juga ber harap pada saat giling nanti tidak ada lagi rembesan gula rafinasi. Saat ini hampir massif peredaran gula rafinasi di pasar di beberapa daerah kecuali di Jatim," paparnya.

SUMBER : , KOMPAS.com

No Response to "HPP Gula Harus Segera Ditetapkan"

Leave A Reply

Pengikut