trigonews.com Gokkon Dohot Jou-Jou, Bataknese Hospitality

8 April 2012

Gokkon Dohot Jou-Jou, Bataknese Hospitality

Posted on 20.33 by Unknown

St. Levi Press, Jakarta
Suku Minang Kabau Kelahiran Batak
Kedua orangtua saya asli suku minangkabau, Ayah suku/marga Koto, Ibu Sikumbang. Sudah 34 tahun orangtua tinggal disana. Meskipun sudah sekian lama tinggal di Tanah Batak, hubungan kekeluargaan dengan kampung di daerah Bukit Tinggi Sumatera Barat tidaklah terputus. Seperti kebanyakan Suku Minang Kabau, orangtua saya merantau ke Tanah Batak dan membuka usaha Rumah Makan.
Saya sendiri lahir di di Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara, pada tahun 1978. Saya tinggal disana hingga tamat SMA, dan melanjutkan studi ke Kota Medan.
Marga Koto yang tercantum dalam nama saya adalah suatu kesalahan teknis. Maksudnya begini, suku batak mencantumkan marga dalam nama berasal dari orangtua laki-laki (Paternal), sedangkan Suku Minang Kabau berasal dari Ibu (Maternal), nah, saat orangtua mendaftarkan saya ke catatan sipil, administratornya yang kenal dekat dengan ayah dan mengetahui marganya Koto.
Karena kebudayaan Suku Batak bersifat Paternal, administrator tersebut mencantumkan marga Koto ke dalam nama saya, mungkin dia tidak mengetahui kalau Suku Minangkabau bersifat Maternal. Jadilah nama resmi saya Rahmad Agus Koto, dimana seharusnya nama saya adalah Rahmad Agus Sikumbang ^_^
Keluarga saya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan beberapa keluarga Suku Batak disana yaitu keluarga Oppung Hutahean dan Tulang (Paman) Pangaribuan. Saking dekatnya hubungan ini, Oppung Hutahaean menganggap Ibu saya sebagai anaknya sendiri dan memberikan gelar yaitu Boru Hutahaean kepadanya pada suatu acara adat. Sedangkan Ayah saya Pangaribuan, dan memberikan Marga Pangaribuan kepadanya. Oh ya, pencantuman suku pada nama, untuk laki-laki istilahnya Marga, sedangkan untuk perempuan istilahnya Boru.

Bataknese Hospitality
Penduduk Laguboti, mayoritas Suku Batak dan beragama Kristen Protestan, sedangkan suku lain (Minang Kabau dan Jawa) dan beragama Islam hanya sekitar 1 %. Selama saya tinggal disana saya mengalami sendiri keramahan (Hospitality) Suku Batak serta memiliki toleransi yang sangat tinggi terhadap suku dan agama lain, saling menghormati dan tolong menolong satu sama lain.

Setiap hari-hari besar agama, ada tradisi yang sangat menarik, misalnya Natal dan Tahun Baru, tetangga kami yang merayakannya selalu memberikan sesuatu, biasanya makanan dan minuman untuk berbagi rasa kegembiraan, demikian juga sebaliknya. Pada acara-acara besar misalnya pesta pernikahan, para tetangga saling tolong menolong dalam menyiapkan acara tersebut, istilahnya Marhobas.
Suku Batak merupakan suku yang sangat menarik, banyak pahlawan nasional misalnya Sisingamangaraja dan tokoh-tokoh nasional berasal dari Suku Batak. Selama tinggal di daerah batak, saya merasakan dan mengenal benar ada karakter yang sangat menonjol yaitu Sifat Blak-blakan. Mereka cenderung tidak menyukai menyimpan perasaan, kalau ada yang mengganjal di hatinya langsung disampaikan, mungkin karakter inilah yang membuat banyak Pengacara terkenal di negara kita berasal dari Suku Batak ^_^


Gokkon Dohot Jou-Jou
Gokkon Dohot Jou-Jou, secara harfiah artinya Penuhi dan Panggil-panggil, merupakan salah satu tradisi Suku Batak yang sangat menarik. Kalimat ini selalu ada tertera di setiap kartu undangan pada setiap acara-acara besar, misalnya acara pesta pernikahan.
Kalimat ini menandakan bahwa peserta yang diundang tidak hanya orang yang diberikan kartu undangan, kelimat ini menyiratkan bahwa yang diundang diharapkan juga mengundang teman-teman atau keluarga lainnya. Ini menandakan bahwa mereka sangat senang acaranya dihadiri oleh siapapun.
Hal ini saya alami langsung dan membuat saya sangat terkesan dengan Suku Batak. Waktu itu pada pesta pernikahan adik saya, acara tersebut sangat ramai, bahkan ada satu keluarga besar datang secara keadatan resmi.

Sungguh suatu pengalaman yang sangat mengesankan hidup bersama Orang Batak, memperoleh hikmah Bhinneka Tunggal Ika yang menyatukan mungkin ratusan suku-suku dan agama-agama yang berbeda dari Bangsa Besar, Bangsa Kita, Bangsa Indonesia

Sumber :  kompasiana Rahmad Agus Sikumbang
writer tribute to :  Julianto-simanjuntak
klaus pardosi

No Response to "Gokkon Dohot Jou-Jou, Bataknese Hospitality"

Leave A Reply

Pengikut