trigonews.com Faisal; JanjinTidak Ada Penggusuran

2 April 2012

Faisal; JanjinTidak Ada Penggusuran

Posted on 20.29 by Unknown

St.Levi Press,Jakarta
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen, Faisal Basri Batubara, berjanji tidak akan melakukan penggusuran warga dalam membangun Ibu Kota. Penggusuran hanya akan menyebabkan kesenjangan sosial makin tinggi.
Ekonom dari Universitas Indonesia itu mengatakan, penggusuran yang kerap dilakukan oleh penguasa saat ini merupakan inti permasalahan di Jakarta. Menurut Faisal, hal itu tidak dapat dilakukan karena akan membawa dampak sosial.
"Mungkin agak revolusioner dan ditentang banyak orang, intinya membangun Jakarta haram hukumnya dengan menggusur. Tidak boleh ada penguasaan yang semakin terkonsentrasi," katanya dalam Bincang-Bincang Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia di Pullman Hotel, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2012).
Jika penggusuran terus dilakukan, kata Faisal, dapat memperlebar kesenjangan antara warga korban penggusuran dan warga baru yang menempati tanah gusuran, apalagi jika kelas sosialnya lebih tinggi. Ia berpendapat bahwa warga harus diberi kesempatan menjadi tuan di rumahnya sendiri.
"Kami tidak akan melakukan upaya penggusuran itu, kami ingin Jakarta ini secara nyata dimiliki oleh mereka," kata Faisal yang berpasangan dengan calon wakil gubernur Biem Benyamin dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta.
Untuk mengatasi masalah ini, Faisal mengusulkan sistem sewa lahan sehingga pemilik tanah tidak perlu digusur atau menjual tanahnya untuk pembangunan mal atau perumahan. Menurutnya, hal ini akan efektif mengatasi persoalan penggusuran di Jakarta.
Ia memberikan contoh untuk membangun rumah layak huni dengan memanfaatkan 3/4 lahan untuk pemukiman dan 1/4 lahan untuk sarana publik, seperti taman bermain dan sebagainya. "Apartemen untuk pemilik lama, bukan pemilik baru yang itu-itu saja sehingga mudah-mudahan dalam jangka waktu yang tidak lama Jakarta menjadi milik kita bersama. Jadi contoh berbagai tempat di Indonesia," ujarnya.  sumber: kompas.com

No Response to "Faisal; JanjinTidak Ada Penggusuran"

Leave A Reply

Pengikut