trigonews.com Pertarungan Dua Ronde Menuju DKI 1

25 Maret 2012

Pertarungan Dua Ronde Menuju DKI 1

Posted on 23.09 by Unknown

monitorindonesia.com

Polling Pilkada DKI 2012

PENGAMAT politik Gun Gun Heryanto mengatakan, munculnya enam pasang calon gubernur DKI Jakarta, membuat posisi Fauzi Bowo terancam. "Melihat sosok Jokowi kemudian calon dari PKS HNW sepertinya posisi Foke kian terancam," ujar Gun Gun di Jakarta, Sabtu, (24/3/2012).

Gun Gun melihat, peta politik Pilgub Jakarta akan ada kemungkinan sosok populis Jokowi yang menarik simpati warga Jakarta. "Saya kira kalau di DKI jumlah rasional voter itu marginnya sudah mulai besar, jadi sangat mungkin figur populis yang memiliki rekam jejak bagus seperti Jokowi menang, karena incumbent juga punya persoalan dengan stigma gagalnya leadership dia di periode pertama, hanya saja belum menjadi kepastian," katanya.

Itu pula sebabnya, akan sangat wajar apabila dalam konteks perang terbuka i akan muncul berbagai upaya mendelegitimasi pihak lain. Misalnya, pernyataan Fauzi Bowo soal pilih kandidat yang paham Jakarta, tentu harus dibaca sebagai 'attacking' seorang incumbent atas kandidat dua partai politik besar lainnya yakni Jokowi (PDIP) dan Alex Noerdin (Golkar).

"Dia (Foke) mencoba membangun asumsi 'outsider' bagi mereka yang berasal dari luar Jakarta dan nyalon di Jakarta, dan fakta politiknya merekalah rival terberat karena seperti Jokowi itu kan memiliki elektabilitas tinggi serta rekam jejak birokrat sukses," paparnya.

Hal senada juga dikemukakan Peneliti Indo Barometer, M Qodari. Banyaknya kandidat Cagub DKI Jakarta menjadi tantangan tersendiri bagi masing-masing kandidat. Sebab pertarungan Pilgub dipastikan akan sengit dan diprediksi dua putaran.

"Dugaan saya putaran kedua, pertama karena calonnya banyak yang kedua calon-calon ini kelas berat semua, mereka akan saling makan suara," ujar Qodari di Jakarta, Sabtu (24/3/2012).

Qodari mengatakan, dugaan dua putaran ini dimungkinkan karena pemenang nanti harus memperoleh suara minimal 50+1 persen untuk seluruh wilayah Jakarta. Persyaratan ini berbeda dengan persyarakat di daerah lainnya yang hanya membutuhkan 30+1 persen untuk menang.

"Besar kemungkinan pilkada Jakarta dua putaran. Incumbent ini dalam posisi yang riskan karena lawannya banyak, dikeroyok, calon-calon ini didukung partai-partai besar, tahun lalu mereka ramai-ramai dukung SBY, sekarang mereka punya nama sendiri. Foke harus hati-hati, bukannya tidak menang," ungkapnya.

Diketahui, enam pasangan di Pilgub Jakarta adalah pasangan Alex Noerdin dan Nono Sampono, yang diusung Golkar, PPP dan PDS. Pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama yang diusung PDIP dan Gerindra. Pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli yang diusung Partai Demokrat, serta pasangan Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini dari PKS.

Pilgub DKI Jakarta juga akan diramaikan dengan dua pasangan calon Gubernur dari jalur independen yang akan bertarung yakni pasangan Faisal Basri dan Biem Benyamin, serta Hendardji Soepandji dan Ahmad Riza.

1 Response to "Pertarungan Dua Ronde Menuju DKI 1"

.
gravatar
lyla Says....

10 program gratis yg meringankan beban warga jakarta....konsep @ konsekwen jelas..!
http://menuju-dki-1.webs.com

Leave A Reply

Pengikut