trigonews.com Tuberkulosis-penyakit gawat darurat global

2 Juni 2011

Tuberkulosis-penyakit gawat darurat global

Posted on 21.34 by Unknown

pada tahun 2008 ditemukan 11.093.000 kasus TB, kasus baru sebanyak 9.369.000 dan 1,3 juta meninggal
Diperkirakan 95% penderita TB dunia berada di negara berkembang termasuk Indonesia yg menempati peringkat ke-3 jumlah kasus baru setelah India dan China.
Antara tahun 2002-2020 diperkirakan sekitar 1 milyar manusia akan terinfeksi, biasanya 5-10% diantara infeksi akan berkembang menjadi penyakit dengan angka kematian 40% dari total terinfeksi.

Obat ampuh penyembuh telah ditemukan 50 tahun lalu, namun penderita TB baru di dunia setiap tahun dengan satu kematian setiap sepuluh detik. Maka tahun 1992 WHO menyatakan" TB SEBAGAI PENYAKIT GAWAT DARURAT GLOBAL"
TB menjadi perhatian dunia disebabkan berbagai hal al: jumlah penderita banyak, angka kematian tinggi, adanya resistensi Kuman TB, terjadi ko infeksi dengan HIV.
Pemerintah Indonesia telah memberikan pengobatan gratis terhadap penyakit ini sejak beberapa tahun lalu, namun yg sangat dikhawatirkan pengobatan gratis ini hanya dapat ditemukan secara kognitif di daerah perkotaan, daerah terpencil masih sangat sulit untuk dicapai guna mengatasi penyakit bahkan penyuluhan tentang penyakit ini masyarakat terpencil masih sangat jarang diberikan pemnerintah melalui balai kesehatan yg ditunjuk.
*freddy pardosi
sumber: diolah dari katalog kesehatan RS.Carolus Jakarta

No Response to "Tuberkulosis-penyakit gawat darurat global"

Leave A Reply

Pengikut