trigonews.com Pesona Danau Toba

27 Juni 2011

Pesona Danau Toba

Posted on 14.25 by Unknown

Pesona Danau Toba Yang Terpuruk
Salah satunya Danau yang diterakan sbg danau terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Terdapat di Tanah Batak Sumatera Utara dan Memiliki ukuran panjang kurang lebih 100km dan lebar 30 km dan merupakan danau vulkanik.
diperkirakan 73.000-75.000 tahun lalu terjadi letusan maha dahsyat yang mengakibatkan kepunahan massal dan perkiraan 2.800 kubikbatuan terlempar dari perut bumi. di tengah danau vulkanik terdapat pulau vulkanik yang selanjutnya disebut Pulo Samosir atau Pulau Samosir
setelah letusan terbentuklah kaldera(kawah) yang terisi oleh air yang sekarang dikenal Tao Toba(Toba LAnguage) yang dalam Bahasa Indonesia disebut Danau Toba.
Ada 7 kabupaten berkeliling di danau ini, yakni Toba Samosir, simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo dan Samosir yang masing masing juga memiliki panorama yang eksotis.
beragam hal yang menyenangkan yang dapat dinikmati disini seperti berenang di danau, mendaki gunung, berperahu layar sambil menikmati keindahan danau ini.

MENUJU DANAU TOBA
Berwisata ke danau ini dapat dicapai dengan jalan darat memerlukan 4 jam dari Medan (ibukota Provinsi Sumater Utara) yang ada di sisi danau.
dari Parapat penyewaan jasa kapal feri yang cukup ramah dapat anda gunakan menuju Plulau Samosir. namun jika anda bertolak dari Kabanjahe anda harus melewati Berastagi dan mengakhiri perjalanan Di Tele, Dari Tele anda dapat menggunakan kendraan pribadi menuju Pulau Samosir melintasi jembatan penghubung.

KERJASAMA NON KOORPORATIF
Selayaknya tujuan wisata ini penghasil devisa yang dapat diandalkan pemerintah pusat dan daerah bersangkutan dengan pengelolaan yang berkesinambungan dan profesional seperti Pulau Bali contohnya?, namun tinggalah hanya wacana yang berkelanjutan tanpa action berarti hari demi hari, akankah Danau Toba tiba waktunya segera punah?????

salam,

Pardosi sian Parsoburan,


No Response to "Pesona Danau Toba"

Leave A Reply

Pengikut