trigonews.com Redominasi Rupiah Timbulkan Kepanikan Psikologis

26 Februari 2012

Redominasi Rupiah Timbulkan Kepanikan Psikologis

Posted on 22.53 by Unknown

illustrasi
St.Levi Press, Jakarta.


Bank Indonesia dalam waktu dekat menerbitkan kebijakan ekonomi baru yang berpengaruh luas dalam bidang ekonomi makro terutama dalam moneter- Redominasi Rupiah. Langkah tehnis BI perihal redominasi dengan menyamarkan 3 digit angka dibelakang nilai mata uang tersebut, seperti contoh Rp.100.000 menjadi Rp.1000 sampai satuan terkecil. Penjelasan tersebut disampaikan Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah dalam diskusi di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, akhir pekan lalu saat menjelaskan strategi pemerintah dalam menjalankan redenominasi rupiah.


"Proses ini berlangsung sepuluh tahun. Para pedagang juga diwajibkan mencantumkan harga dalam rupiah lama dan rupiah baru. Ini dilakukan agar tidak terjadi kepanikan," kata Alamsyah.


Kesiapan dan kematangan Pemerintah Indonesia dalam kontrol Harga Barang amat sangat diperlukan sehingga tidak menimbulkan kekacauan yang  mungkin saja menimbulkan gejolak hebat dalam masyarakat. Proses redominasi harus dilakukan secara bersamaan dengan penurunan digit nilai barang, proses konversi tidaklah mudah dilakukan di negara ini mengingat luas wilayah dan juga kepulauan yang terpencil pula sehingga prosesnya sulit berjalan secara cepat  Di sisi lain Kontribusi sosialisasi perlu dilakukan secara cepat sehungga proses transaksi ekonomi tidak stagnan.


Redenominasi merupakan penyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat tidak berubah. Sanering adalah pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang. Hal yang sama tidak dilakukan pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat menurun.


Kebijakan Redominasi mata uang dilakukan pada saat ekonomi makro sedang stabil dan laju inflasi dapat dikendalikan, tujuan utama redominasi adalah memperbaiki kesetaraan ekonomi dengan negara regional.


klaus/fredy pardosi

1 Response to "Redominasi Rupiah Timbulkan Kepanikan Psikologis"

.
gravatar
Anonim Says....

ya baguslah,,saya berharap dikedepannya indonesia bisa lebih baik,supaya bisa bersaing dengan negara2 lainnya.

Leave A Reply

Pengikut