trigonews.com Demo Pedagang Stasiun Cikini Nyaris Ricuh

14 Februari 2012

Demo Pedagang Stasiun Cikini Nyaris Ricuh

Posted on 14.13 by fredy pardosi

aksi demo pedagang cikini/st.levi press
St. Levi Press, Jakarta.


Pagi ini, bersebelahan dengan kawasan elit Menteng, Stasiun Cikini Jakarta sekitar 1000 orang peserta aliansi serikat pedagang Cikini melangsungkan Unras (unjuk rasa) dengan menentang kebijakan pemerintah melalui instansi PT. KAI (Kereta Api Indonesia) yakni  Program Revitalisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. KAI termasuknya rencana penggusuran pedagang di bawah stasiun Cikini. Aksi bakar ban disertai orasi mengakibatkan jalan menuju Dipenogoro dari arah tugu tani diblokir dan polisi huru hara Polda Metro Jaya pun menghadang jalannya aksi demo ini.


Progam revitalisasi dimaksudkan PT. KAI guna menciptakan kenyamanan penumpangnya baik di dalam kereta maupun di area peron kereta,  namun program revitalisasi PT. KAI sarat dengan muatan titip pesan para kapitalis dalam mengembangkan sayap bisnisnya. Program revitalisasi diperkirakan menggusur lahan di bawah stasiun dengan mendatangkan pemain besar seperti Mc'donald, sevel(seven eleven), Kfc dan pola dimaksud sudah terealisir diawali berdirinya Supermarket Indomaret persis di depan tangga naik menuju loket pembelian tiket kereta.


Program revitalisasi menurut Anggota Komisi A dari  Fraksi Demokrat, Taufiq Rahman mengatakan kepada St. Levi Press di Cikini penggusuran pedagang tanpa disertai sosialisasi mendasar dan terkesan PT. KAI melakukan praktik ekonomi liberal, ungkapnya. Kawasan Stasiun Cikini didominasi pedagang kaum miskin perkotaan yang terletak tidak jauh dari stasiun ini. Kaum ini menggantungkan hampir 80 persen urat nadi kehidupannya pada asset pemerintah ini dengan berdagang, juru parkir, dan pengrajin rotan. Imbas dari kebijakan PT. KAI ini secara ekonomi berakibat efek domino yang cukup fatal termasuk kepada pedagang kecil pasar Ampiun seberang stasuin Cikini, urat nadi kehidupan ekonomi saling ketergantungan antara pedagang Stasiun dengan pedagang pasar Ampiun. Efek dari kebijakan inilah yang sangat disesalkan Anggota Fraksi Demokrat ini.




Aksi kali ini berjalan dengan sedikit kericuhan namun tidak berakhir dengan anarkhis setelah sesudah Kepala Stasiun Cikini berdialog dengan demonstran yang menjanjikan tidak adanya penggusuran, akan tetapi akan ada beberapa bagian yang dipagar agar terlihat nyaman, katanya. Janji Kepala Stasiun membuat aksi demonstran menghentikan aksi demo sementara dan disusul dialog bersama dengan perwakilan Aliansi serikat pedagang cikini.

klaus pardosi

No Response to "Demo Pedagang Stasiun Cikini Nyaris Ricuh"

Leave A Reply

Pengikut